TUGAS PERANCANGAN BASIS DATA
TUTORIAL PEMBUATAN APLIKASI DAN DATABASE
DATA TEAM SEPAK BOLA

Oleh :
SYARIEF HIDAYATULLAH
10.240.0004
Kelas : 3P41
STMIK WIDYA PRATAMA
PEKALONGAN
BAB I
BAB I
MENAMBAH, MENGHAPUS DAN MENGEDIT DATABASE SECARA LANGSUNG TANPA MEMBUKA DATABASE
A. Form1

Di dalam form di atas terdapat :
Table
Terdapat 1 table yang berfungsi untuk menetapkan lokasi dimana table database yang mau di edit., Di dalam komponen table yang perlu di seting di table properties :
1. Database name : di ubah dengan tempat dimana database tersebut di simpan
2. Name : Di isi nama table yang mau di edit.
3. Active : dig anti dengan “True”.
Data Source
Terdapat 1 data source yang berfungsi untuk mentransferkan data yag telah di seting menggunakan komponen table, dan kemudian di transferkan ke komponen Dbgrid, di dalam komponen data source ini yang perlu di seting di table properties :
1. Data set : Disi dengan Nama komponen table yang telah di seting, Misal Tabel1
DBGrid
Terdapat 1 komponen DBgrid yang berfungsi untuk meampilkan database kedalam tampilan form, di dalam properties komponen DBgridyang perlu di seting adalah:
1. Data source : di seting dengan nama Data source yang mau di tampilkan di dalam form, Misal “Data source1”
Label
Terdapat 3 komponen label yaitu :
1. Label1 : caption dalam komponen propertiesnya dig anti dengan nama “DATA TEAM SEPAK BOLA”
2. Label2 : caption dalam komponen propertiesnya dig anti dengan nama “Kode”
3. Label3 : caption dalam komponen propertiesnya dig anti dengan nama “Nama”
Edit
Terdapat 2 komponen edit di dalam form diatas, yang berfungsi untuk menuliskan kode dan nama team jika ada team baru, team yang mau diedit, maupun team yang keluar dari pertandingan.
Tombol / Button
Terdapat 4 komponen Button yaitu : Simpan, Tambah, Hapus dan edit.
1. Tombol Button Simpan
Caption “SIMPAN”
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
table1.Append; Menyiapkan Record kosong pada table anda
table1['Kode_team']:=edit1.Text; Edit1.text untuk memasukkan kedalam table1
table1['Nama_Team']:=edit2.Text; Edit2.text untuk memasukkan kedalam table1
table1.Post; Untuk dalam data base
end;
2. Tombol Button Tambah
Caption “TAMBAH”
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
edit1.Text:=''; Berfungsi untuk mengosongkan edit
edit2.Text:=''; Berfungsi untuk mengosongkan edit
edit1.SetFocus; Berfungsi untuk memberikan kursor awalan
end;
3. Tombol Button Hapus
Caption “HAPUS”
procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
SHOWMESSAGE(' APAKAH DATA AKAN DI HAPUS '); Untuk menampilkan
Pesan
Table1.Delete;
end;
4. Tombol Button Edit
Caption “EDIT”
procedure TFLATIHAN1.editClick(Sender: TObject);
begin
with fedit do
begin
ekode.text:=Table1['Kode_team'];
enama.text:=Table1['Nama_Team'];
end;
fedit.show;
end;
B. Form 2

Label
- Label1.Caption :=’KODE TEAM’
- Label2.Caption :=’NAMA TEAM’
Edit
- Edit1 : Buat mengedit Kode team
- Edit2 : Buat mengedit Nama team
Tombol atau Button
> Button1
Caption : SAVE
procedure TFEDIT.Button1Click(Sender: TObject);
begin
with FORM1 do
begin
form1.Table1.Edit;
Form1.Table1['Kode_team']:=fedit.eKODE.Text;
Form1.Table1['Nama_team']:=fedit.eNAMA.Text;
Table1.post;
fORM1.Edit1.Clear;
fORM1.Edit2.Clear;
end;
close;
end;
> Button2
Caption : Censel
procedure TFEDIT.Button2Click(Sender: TObject);
begin
close;
end;
BAB II
DATABASE DATA TEAM SEPAK BOLA
Contoh gambar database data team


Cara Pembuatan Database
-
Click File

- Click New - Table
Maka akan Keluar tampilan
- Click “OK” maka akan keluar
Tampilan :

- Fieldname di isi dengan nama kolom contoh ”Kode_team”
- Type di isi dengan format tulisan yang akan di isikan ke dalam database,
- Size di isikan berapa banyak jumlah huruf maupun angka yang mau di tuluskan.
- Key di isikan terserah, Misal di isikan *.
- Misalnya sudah di isikan semua click Save.
- Maka akan muncul tampilan :

- Save in : Pilih dimana Lokasi Database mau di save.
- File name : di isikan Nama Database.
- Click save.
0 komentar:
Posting Komentar